Pilihan Investasi Mudah dan Aman Untuk Pemula

Pilihan Investasi Mudah dan Aman Untuk Pemula

Berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan dimasa depan kini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat khususnya di perkotaan. Akan tetapi sebagai seorang investor, kita tentu sering mendengar berita tentang investasi bodong yang telah merugikan banyak orang.

Memang mencari investasi yang terbaik dan aman tidaklah mudah, jadi jangan mudah tergiur dengan iming-iming untung besar dalam waktu singkat. Meski begitu bila Anda mempunyai niat untuk berinvestasi jangan berkecil hati lebih dulu. Masih banyak jenis investasi yang mudah dan aman untuk pemula sekalipun.

Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin seperti sekarang ini, kini berinvestasi bisa kita lakukan dari smartphone saja. Seperti yang kita tahu, kini platform investasi telah banyak bermunculan dengan berbagai jenisnya. Pastikan bila Anda ingin berinvestasi untuk mengetahui lebih dulu tentang jenis investasi yang akan dipilih.

Rekomendasi Jenis Investasi Mudah dan Aman Untuk Pemula

Ada banyak indikator yang bisa menunjukkan bahwa suatu platform investasi aman untuk investor. Salah satu yang paling penting disini adalah pastikan platform tersebut telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk jenis investasi yang musah dan aman sendiri berikut beberapa rekomendasinya untuk Anda :

1. Reksadana

Instrumen investasi pertama yang direkomendasikan untuk Anda adalah reksadana, kini jenis investasi ini memang tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Sebab reksadana bisa dimulai dengan modal kecil dan memberikan keuntungan hingga 20% per tahunnya.

Dana yang Anda investasikan pada instrumen ini akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional dan berpengalaman. Dengan begitu tingkat keamanan investasi ini terbilang sangat tinggi. Meski memberikan keuntungan yang besar, namun harga instrumen investasi di pasar uang juga akan mempengaruhi keuntungan tersebut.

Dalam artian bila harga sedang turun juga akan membuat modal yang Anda setorkan ikut berkurang. Kini investasi reksadana juga tersedia secara online sehingga akan lebih memudahkan Anda.

2. Obligasi

Jenis investasi lainnya yang bisa Anda coba adalah obligasi atau dikenal juga dengan surat utang. Obligasi berbentuk surat-surat berharga yang dikeluarkan oleh negara maupun koorporasi kepada pihak yang membutuhkan modal baik itu pemerintah maupun swasta.

Return yang diberikan obligasi juga terbilang cukup tinggi, sebab bunga obligasi akan lebih tinggi dibandingkan bunga BI atau Bank Indonesia. Untuk menambah rasa aman Anda, pilihlah obligasi yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah.

3. Saham

Saham dapat diartikan sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan dimana perusahaan tersebut akan membagikan dividen kepada investornya. Dan dari sinilah seorang investor mendapat keuntungan. Potenti keuntungan yang tinggi dalam saham juga dibarengi dengan tingginya resiko, karenanya pastikan Anda mempunyai pengetahuan yang cukup.

Bagi seorang pemula dalam investasi saham tentunya kita ingin memilih saham yang aman dengan tingkat resiko rendah. Karenanya Anda bisa memilih saham yang telah tergabung dalam indeks IDX30 atau LQ45 sebab perusahaan yang tergabung didalamnya mempunyai fundamental yang baik dengan likuiditas tinggi. Saham dalam indeks ini juga lebih aman karena harganya yang jarang turun.

4. Emas

Diantara jenis instrumen investasi lainnya, tidak dapat dipungkiri bahwa investasi emas memang terbilang yang paling aman. Investasi yang banyak diminati ini mempunyai sifat yang fleksibel, hal ini berarti Anda dapat menguangkannya kapan saja bila membutuhkan.

Sebagai saran, lebih baik Anda memilih jenis emas batangan dibandingkan yang sudah menjadi perhiasan. Namun bila Anda juga ingin memakainya, memilih jenis perhiasan juga tidak ada salahnya. Harga emas sendiri juga relatif lebih stabil, bahkan akan terus mengalami peningkatan seiring waktu. Kini juga telah banyak tersedia platform online untuk berinvestasi emas.

5. P2P Lending

Pilihan investasi mudah dan aman untuk pemula yang terakhir adalah P2P Lending yang kini juga tengah populer. P2P lending merupakan sebuah wadah yang mempertemukan investor atau pemilik modal dengan pihak peminjam modal dimana investor mendapat keuntungan dari bunga pinjaman.

Bila Anda ingin berkontribusi pada kemajuan UMKM di Indonesia, Amartha bisa menjadi pilihan P2P lending yang mudah dan aman. Amartha memang berfokus untuk pendanaan UMKM yang lebih khususnya pemilik atau CEO UMKM adalah seorang perempuan terlebih lagi ibu rumah tangga.

Kini Amartha juga tengah mengadakan program #100RibuSejutaPeluang dimana Anda bisa berinvestasi mulai dari 100 ribu saja dalam pengembangan UMKM. Investasi dari Anda akan menciptakan 1 Juta Peluang untuk berbagai UMKM di Indonesia.

Anda juga tidak perlu ragu, sebab Amartha akan melakukan pendampingan kepada UMKM, pelatihan keuangan hingga cek kesehatan secara gratis kepada peminjam modal. Bagi hasil yang ditawarkan juga bisa mencapai 15%. Kunjungi website resminya di https://amartha.com/ untuk info lengkap dan pendaftarannya.

Tips & Share